Tips untuk Handphone yang Terkena Air & Cara Memperbaiki

Jadi anda telah menjatuhkan smartphone Anda ke toilet, wastafel atau kolam renang. Jangan panik! Jika anda bertindak cepat anda dapat mencegah smartphone anda yang rusak karena air tanpa mengeluarkan sepeser pun. Berikut adalah 10 langkah sederhana untuk memperbaiki handphone jatuh di air.


Keluarkan handphone dari air secepat mungkin. Semakin hal itu terjadi, semakin banyak air atau cairan akan merembes melalui celah-celah handphone Anda. Setelah handphone bebas dari air, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan segera, dan hal-hal tertentu yang tidak boleh anda lakukan untuk mencegah kerusakan.

Apa yang tidak boleh dilakukan

1.     Jangan hidupkan handphone anda
2.     Jangan menekan tombol apapun (kecuali untuk mematikan handphone. Lihat di bawah)
3.     Jangan menggoyangkan, menekan, ataupun melempar handphone anda
4.     Jangan membongkar handphone anda. Handphone anda dilengkapi dengan Liquid Damage Indicator (LDI), ketika diaktifkan, bisa membatalkan garansi  handphone anda, dan ini bisa dipicu ketika anda membongkar handphone. Bongkarlah handphone anda jika itu memang diperlukan, dan kamu telah memiliki pengalaman dengan membongkar handphone tersebut
5.     Jangan meniup bagian atas handphone. Ini bisa mengirim air ke bagian internal lain dari handphone yang akan sulit dicapai, menyebabkan kerusakan yang lebih parah
6.     Jangan memanaskan handphone anda (menggunakan hair dryer atau microwave untuk mengeringkannya)
7.     Jangan membekukan handphone anda (memasukkan nya ke freezer)

10 langkah untuk mencegah handphone anda rusak karena air

1. Matikan handphone anda, lakukan segera apabila handphone anda belum di matikan

2. Lepaskan semua casing dan pelindung, jika handphone anda memiliki-nya, melepas kartu SIM dan microSD anda dari slotnya.

3. Buka kembali dan keluarkan baterai, kartu SIM (s) dan kartu microSD jika bisa lakukan (hal ini mungkin tidak dapat dilakukan oleh semua model handphone).


4. Gunakan kain, lap atau handuk kertas untuk membuat handphone anda kering. Menghindari penyebaran cairan sekitar, karena air dapat terdorong ke bagian internal handphone. Seraplah air sebanyak mungkin.

5. Jika kerusakan air lebih luas, Anda dapat menggunakan vakum secara hati-hati untuk menyedot air yang terjebak di celah-celah yang sulit untuk didapatkan. Pastikan setiap bagian-bagian kecil, seperti kartu microSD, kartu SIM, atau baterai, telah keluar dari handphone sebelum melakukan langkah ini.

6. Simpan handphone di dalam tas ziplock dan simpan di tempat penyimpanan beras. Beras sangat bagus untuk menyerap cairan dan hal ini sebenarnya adalah sebuah metode umum untuk pengeringan smartphone dan tablet. Anda juga dapat membeli kantong pengering handphone, yang sangat berguna apabila anda tipe orang yang ceroboh.



7. Biarkan handphone anda untuk mengering dalam satu atau dua hari. Jangan tergoda untuk menghidupkan handphone untuk melihat apakah handphone masih bekerja. Masukan kartu SIM anda di handphone lama anda, atau meminta teman atau keluarga jika mereka memiliki cadangan handphone yang dapat anda pinjam.

8. Setelah beberapa hari, Anda dapat mengambil handphone anda dari beras, masukkan baterai ke handphone dan aktifkan handphone.

9. Jika handphone Anda tidak menyala, cobalah untuk mengisinya terlebih dahulu. Jika baterai tidak terisi, kemungkinan baterai tersebut rusak. Anda bisa mencoba baterai pengganti, atau mempertimbangkan untuk membawa smartphone anda ke tempat servis untuk diperiksa oleh seorang profesional.

10. Jika handphone Anda telah diaktifkan dan berjalan sebagaimana mestinya, anda masih harus tetap waspada untuk beberapa hari ke depan, untuk melihat apakah handphone anda sudah berjalan dengan benar. Mainkan beberapa musik untuk memeriksa speaker dan pastikan layar sentuh masih merespon sebagaimana mestinya.

Untuk kedepan nya, hindari lah membawa handphone ketika Anda pergi ke kolam renang, menggunakan kamar mandi atau mencuci piring.

Pelindung anti air

Mudah-mudahan langkah di atas telah membantu menyelamatkan handphone anda dari kerusakan-nya. Jika anda ingin melindungi handphone dari air untuk ke depan-nya, anda juga dapat membeli pelindung handphone anti air. Ada beberapa pilihan yang baik tersedia dari merek seperti Otterbox, Griffin Survivor dan Catalyst.


Handphone tahan air

Sejumlah handphone yang diiklankan sebagai "tahan air". Sadarilah bahwa ketika produsen handphone mengatakan ini, itu hanya berlaku di bawah suatu keadaan khusus. Resistensi sebuah handphone untuk air sering tergantung pada kejernihan air, kedalaman perendaman, dan lamanya waktu untuk yang terendam. Saya tidak menyarankan menenggelamkan setiap smartphone dalam air kecuali benar-benar diperlukan.



3 Responses to "Tips untuk Handphone yang Terkena Air & Cara Memperbaiki"