Cara meningkatkan daya tahan baterai dengan 5 langkah sederhana

Hari ini saya ingin menjelaskan beberapa konsep dasar tentang baterai. Dengan pemahaman dasar teknologi baterai dan pengisap listrik terbesar yang mempengaruhi perangkat anda, anda akan menjadi mahir tentang baterai dalam waktu singkat.

1. Ketahuilah jenis baterai-mu
Sebagai permulaan, merupakan ide yang bagus untuk belajar setidaknya sedikit tentang jenis baterai yang berbeda. Anda bisa mampir website Battery University untuk belajar satu atau dua hal tentang jenis baterai smartphone anda gunakan.



Misalnya, baterai lithium yang sangat umum di smartphone karena kepadatan yang tinggi energi, persyaratan perawatan yang rendah dan biaya produksi yang relatif murah. Baterai lithium tidak terganggu dari baterai memori , yang berarti bahwa tidak ada yang bisa diperoleh dari siklus pengisian penuh maupun pengosongan baterai.

Menggunakan charger resmi yang disertakan dengan telepon Anda selalu akan menjadi hal yang lebih baik daripada menggunakan pengisi daya lama karena secara khusus dikalibrasi untuk perangkat Anda. Hal ini juga akan membantu memandu anda untuk membuat keputusan baterai yang lebih baik pada baterai anda sendiri



Charger resmi dari awal pembelian, adalah pilihan yang terbaik untuk anda :)

2. Ketahuilah jenis handphone-mu
Seperti disebutkan di atas, mengetahui beberapa rincian dasar tentang baterai anda akan berguna, tapi begitu adalah mengetahui beberapa fakta sederhana tentang handphone anda. Misalnya, jenis layar apa yang handphone anda gunakan?


Sebuah layar LCD secara permanen akan kembali menyala, yang berarti menggunakan daya baterai setiap kali dihidupkan. Sedangkan layar OLED, hanya menerangi piksel individu, sehingga setiap piksel hitam akan benar-benar dimatikan, yang berarti layar OLED tidak mengkonsumsi daya apapun .



Anda juga harus membiasakan diri dengan berbagai fitur hemat baterai pada bawaan handphone tertentu. Kebanyakan handphone memiliki mode dasar penghematan daya ketika baterai Anda berada pada tingkat rendah. Anda dapat memilih fitur untuk menonaktifkan fitur handphone anda bila baterai anda sedang rendah (seperti GPS, data selular, feedback dan lain sebagainya).

Beberapa telepon bahkan memiliki mode hemat baterai yang ekstrim yaitu dengan mengubah tampilan menjadi grayscale dan sangat membatasi fitur pada ponsel anda. Mengetahui apakah pilihan power-saving tersedia pada handphone anda akan sangat bermanfaat untuk menghemat baterai handphone anda.



3. Ketahui apa yang menguras baterai handphone anda
Di sinilah pengetahuan tentang handphone anda memasuki tahap berikutnya. Jika anda serius ingin mendapatkan info tentang hidup baterai yang lebih baik, Anda harus secara teratur memeriksa pada pengaturan baterai untuk melihat aplikasi yang memakan paling banyak memakan daya, apa latar belakang proses yang memakan sumber daya sistem dan apakah anda memiliki aktivitas membuka kunci. Kebiasaan penggunaan anda juga merupakan faktor utama di sini.

Menemukan perbaikan untuk bug pengurasan baterasi, menghapus aplikasi, terutama yang menguras baterai dan mengetahui apa yang baik untuk penggunaan ponsel anda dari waktu ke waktu jika anda ingin hasil yang maksimal dari baterai anda. Anda juga dapat menginstal sebuah aplikasi seperti Greenify untuk secara otomatis mematikan aplikasi ketika mereka sedang tidak digunakan.



Untuk memberikan intro dasar, layar hampir selalu merupakan hal yang paling menguras baterai ponsel Anda, sehingga memperpendek waktu layar home dan menurunkan kecerahan layar Anda akan segera menghasilkan daya tahan baterai yang lebih lama. Mencoba untuk menghindari mengubah pengaturan handphone anda terus-menerus tanpa alasan juga akan banyak membantu menghemat baterai anda.



4. Awasi segala sesuatu di handphone anda
Setelah terbiasa dengan aplikasi dan fitur android standar muncul di bagian baterai ponsel anda, anda akan dapat mengidentifikasi ketika ada sesuatu yang tidak biasa. Jika permainan baru anda bahkan belum dimainkan, anda mungkin akan memeriksa mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Anda juga dapat menginstal beberapa aplikasi monitoring sistem untuk mengawasi aktivitas sistem yang mungkin mengakibatkan konsumsi baterai berlebih. Anda dapat menghentikan aplikasi dari berjalan di latar belakang dan mengawasi statistik dengan menggunakan Developer Options dan melihat Proses Statistik. (Jika Anda harus mengaktifkan Developer Options, pergi ke Settings> About phone dan tekan nomor Build tujuh kali.)



5. Jagalah baterai anda
Beberapa perawatan sederhana dari baterai Anda juga merupakan perjalanan yang panjang. Lebih baik untuk sering mengisi baterai Anda secara bertahap daripada mengandalkan siklus cas lalu cabut. Jagalah agar baterai anda tidak panas, jangan sampai baterai terkena sinar matahari secara langsung
Jika Anda perlu mengganti baterai Anda harus berinvestasi dalam baterai asli produsen atau setidaknya agen yang terpercaya. Menyimpan beberapa uang untuk membeli baterai murah hanya menyebabkan lebih banyak masalah daripada uang yang tersimpan. 

Demikianlah tips dari saya, semoga bermanfaat !

2 Responses to "Cara meningkatkan daya tahan baterai dengan 5 langkah sederhana"