7 Tips Sederhana untuk Mempercepat Kinerja Handphone

Ponsel Android anda mungkin cepat kinerja-nya ketika anda pertama kali membelinya kan? Kemudian seiring waktu mulai berjalan, handphone anda menjadi lebih lambat kinerja-nya. Ini adalah masalah umum dan tidak perlu terlalu khawatir. Berikut ini adalah panduan untuk membuat kinerja handphone anda cepat kembali seperti awal-nya. Baca terus untuk tips terbaik untuk mempercepat kinerja handphone anda.



1. Identifikasi masalah
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa yang menyebabkan masalah pada handphone anda, apakah masalah itu sebuah aplikasi, beberapa aplikasi, atau bahkan sistem Android itu sendiri? Trepn Profiler oleh Qualcomm akan menunjukkan beban CPU real-time untuk inti individu, gambaran lalu lintas jaringan untuk data selular dan Wi-Fi, beban GPU dan penggunaan RAM dan banyak lagi.


Trepn Profiler

Trepn juga dapat menghasilkan profil-aplikasi tertentu atau seluruh sistem dan berisi berbagai metode untuk menampilkan data akumulasi. Anda dapat menyimpan data anda secara offline untuk dilihat dan analisis , bahkan app ini memiliki lapisan kinerja menjalankan aplikasi. Setelah anda tahu masalah spesifik pada handphone anda, anda dapat beralih ke solusi di bawah ini.



2. Membersihkan ruang penyimpanan
Semua foto-foto yang telah anda mengambil dan semua aplikasi yang telah diinstal dapat mengambil mengambil kecepatan kinerja sistem. Android membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup untuk dapat berjalan lancar, apabila ruang penyimpanan sudah penuh maka akan sangat mungkin handphone anda menjadi lambat.


Anda dapat memeriksa berapa banyak ruang yang tersisa dengan menuju ke Pengaturan bagian Penyimpanan. Salah satu cara termudah untuk membebaskan ruang penyimpanan adalah untuk melihat Aplikasi dan melihat aplikasi apa yang dapat anda hapus.

Klik entri untuk aplikasi yang tidak pernah digunakan dan kemudian tekan Uninstall. Anda dapat mengulangi proses ini sebanyak yang diperlukan untuk setiap aplikasi yang anda rasa tidak berguna

Ada cara lain yang dapat anda lakukan untuk memberikan ruang bebas. File yang telah didownload mungkin masih berada di ruang wasting penyimpanan dan dapat dihapus. Dalam Storage, klik Download, pilih file yang ingin Anda hapus, kemudian tekan tombol tong sampah.


Banyak aplikasi yang telah diinstal menggunakan cache data untuk mempercepat operasi. Hal ini efektif sampai titik tertentu, tetapi jika Anda telah kekurangan ruang penyimpanan, itu benar-benar dapat menjadi kontra-produktif. Untuk membebaskan ruang ini, tekan Hapus pilihan Data cache dan kemudian tekan OK untuk mengkonfirmasi.


File lebih yang tidak dipakai dan dapat dilakukan penghapusan bisa anda temukandalam file bagian Miscellaneous. Centang kotak di sebelah setiap jenis file yang ingin Anda hapus - backup, file yang diterima melalui Bluetooth, file playlist, dan sebagainya - dan kemudian tekan tombol kotak sampah. Anda dapat mengawasi berapa banyak ruang yang telah anda bebaskan ketika Anda melihat bagian ruang yang tersedia.

Anda juga dapat menonaktifkan aplikasi yang datang dari bawaan ponsel anda,yang tidak anda gunakan. Jika anda telah melakukan root pada Android anda, Anda benar-benar dapat menyingkirkan aplikasi ini, tetapi jika tidak, Anda bisa pergi ke sifat aplikasi dan menonaktifkannya untuk mencegah app tersebut berjalan dan menggunakan sumber daya ponsel anda.

3. Kurangi widget
Semua widget yang berjalan pada layar ponsel anda mungkin berguna, tetapi mereka juga menguras sumber daya ponsel anda.


Jika anda memiliki widget yang tidak terlalu penting, pertimbangkanlah untuk menonaktifkan widget tersebut. Tidak ada salahnya memiliki beberapa widget yang aktif, tetapi anda akan melihat widget tersebut memperlambat ponsel anda jika terlalu banyak widget yang berjalan pada saat bersamaan, jadi selektiflah dalam menggunakan widget pada ponsel anda.

4. Nonaktifkan animasi dan tambahan yang tidak penting
Tergantung pada launcher yang anda gunakan, anda mungkin menemukan bahwa ada berbagai animasi dan efek khusus di ponsel anda. Ini mungkin terlihat bagus, tetapi mereka juga bisa memperlambat segalanya.

Cek di pengaturan launcher anda untuk melihat apakah ada cara untuk menonaktifkan animasi dan tambahan yang tidak penting, dan anda secara langdung dapat merasakan hal tersebut mempercepat kinerja ponsel anda


5. Tutup aplikasi dan refresh RAM
Multi-tasking beberapa aplikasi memudahkan untuk beralih di antara aplikasi yang berbeda, tetapi hal ini juga berdampak pada kinerja ponsel. Anda dapat dengan cepat menutup semua aplikasi yang tidak lagi digunakan dengan membuka daftar aplikasi berjalan - tekan dan tahan tombol home dan kemudian geser setiap aplikasi yang ingin ditutup.


Ketika anda berada di layar ini, tekan tombol pie grafik pada kanan bawah layar dan kemudian pindah ke bagian RAM. Tekan tombol memori dan setiap proses latar belakang yang berjalan tetapi tidak diperlukan akan ditutup.

6. Restart perangkat Anda
Cara cepat dan sederhana untuk memperbaiki perangkat yang lambat adalah hanya dengan melakukan restart. Hal ini dapat membersihkan cache, menghentikan tugas yang tidak perlu dari berjalan, dan melakukan sesuatu dengan lancar lagi.

Hanya tahan tombol power, pilih opsi Restart, dan kemudian tekan OK untuk mengkonfirmasi


7. Ketahui lebih dalam
Anda juga dapat melihat aplikasi yang menggunakan banyak baterai dengan pergi ke Settings> Battery. Anda juga dapat memantau penggunaan RAM di Settings> Apps (atau App Manager, tergantung pada merek ponsel anda ) dan bahkan ada cara yang lebih rinci dalam Proses Statistik di Developer Options - jika Anda tidak memiliki pengaturan ini diaktifkan, pergi ke Settings> About telepon dan tekan Build Jumlah tujuh kali sampai pemberitahuan muncul.



Demikian blog saya "7 tips sederhana untuk mempercepat ponsel Anda" semoga membantu mempercepat kinerja ponsel anda !

1 Response to "7 Tips Sederhana untuk Mempercepat Kinerja Handphone"